Jumat, 23 Mei 2014

KKP Ilmu Kedokteran Komunitas (IKKom)

Manado, 19-23 Mei 2014.
KKP IKKom serasa jalan-jalan. :)
Dokternya ramah-ramah. Belajar di IKKom menyenangkan, seperti belajar berkomunikasi di depan orang banyak, hihi. :D

Hari Pertama.
Kami datang jam delapan di Kampus Kleak. Menunggu sampai dokter datang, lalu melapor. Setelah itu kami diberi bimbingan mengenai Puskesmas seperti Upaya Kesehatan Puskesmas (Program Puskesmas) seperti 6 Upaya Kesehatan Wajib, 9 Upaya Kesehatan Pengembangan, dan 3 Upaya Penunjang. Kemudian setelah itu kami disuruh memperkenalkan diri dengan beberapa data diri di depan teman-teman dan dokter, sebagai contoh kecil berbicara di depan umum kata beliau. :)
Kemudian kami dibagi menjadi kelompok kecil dengan masing-masing dokter pembimbing dan tugas berkunjung ke Puskesmas yang sudah dibagi berdasarkan kelompok untuk mengumpulkan data program kegiatan apa saja yang telah dilakukan dan masalah-masalah yang kerap kali timbul di Puskesmas tsb. Oiah, kami juga disuruh mencari sampel nyamuk atau jentik nyamuk untuk dikumpulkan pada hari terakhir di bagian IKKOM. *permintaan salah satu dokter* :)

Hari Kedua.
Kunjungan ke Puskesmas.
Kelompok kecil kami dapatnya Puskesmas Wawonasa, Manado. Tempatnya lumayan jauh. Dari Pasar 45 lewat Pasar Bersehati terus lewat Kampung Arab dan tidak jauh dari Jembatan Mahakam. Di sana kami melapor ke bagian Tata Usaha dan memperlihatkan surat izin dari Bagian IKKom. Lalu kami mencari data Profil Puskesmas dan Program Kebijakan Puskesmas serta kendala-kendalanya. Kami mewawancarai petugas medis setiap program, berkunjung ke ruangan-ruanga  yang ada, kami juga dapat bimbingan dari salah satu dokter di Puskesmas tsb. Kami diberi bimbingan mengenai Psikiatri, lebih banyak cerita pengalaman beliau sih. Yaa, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Setelah itu kami kembali ke Kampus Kleak. :)

Ini fotonya...


Hari Ketiga.
Kami hanya dapat bimbingan dari salah satu dokter bagian IKKOM. Setelah itu, pulang. Tapi jangan mengira kami pulang cepat, soalnya menunggu dokternya yang membuat kami lama pulang walaupun hari itu hanya satu bimbingan. :D

Hari Keempat.
Presentasi hasil kunjungan Puskesmas masing-masing kelompok. Ada tiga kelompok yang presentasi, dua kelompok lainnya nanti besok, termasuk kelompok Ci. :)

Hari Kelima.
Hari terakhir di bagian IKKOM, juga hari terakhir KKP di semester 6, sisanya lanjut di semester 7. Hari ini kelompok Ci presentasi, tentunya kemarin kami sudah mempersiapkan laporan dan slidenya. Tapi tetap saja ada kurangnya, kelompok kami dapat masukan dari dokter pembimbing kami untuk lebih mengkaji lagi masalah gizi yang ada di Puskesmas yang kami kunjungi hari Selasa lalu. Terima kasih atas bimbingannya, Dok. :)

Setiap bagian yang kami lewati memiliki ceritanya sendiri. Semoga kami bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya, aamiin. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...